Penggunaan sosial media sebagai cara untuk mempromosikan suatu produk merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, juga bisa dibilang termurah karena hanya memerlukan HP dan koneksi internet.

Cara ini disebut-sebut sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk digunakan. Mengapa demikian?

 

Alasan Menggunakan Sosial Sebagai Alat Promosi

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna sosial media terbesar di dunia. Hampir semua penduduk Indonesia memiliki sosial media pribadi.

Hal tersebut bisa menjadi sebuah peluang yang bagus untuk dapat mempromosikan suatu produk dengan biaya murah dan waktu yang singkat bisa tersebar ke seluruh pelosok negeri.

Meski demikian, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara promosi melalui sosial media yang efektif.

Disini Kami akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara promosi menggunakan sosial media yang efektif agar mendapat hasil yang maksimal.

 

  1. Penggunaan Hashtag di setiap Post

Sebagian orang akan menggunakan hashtag saat mencari suatu hal agar lebih mudah dalam menemukannya. Hal tersebut bisa Kita manfaatkan pada setiap kali mengunggah produk baru. Sehingga setiap ada orang yang mencari tagar tersebut, produk Anda juga akan muncul di dalamnya.

Tapi jangan gunakan tagar yang sama sekali tidak memiliki kaitan dengan produk yang Anda unggah. Hal tersebut hanya akan mengurangi kredibilitas yang toko Anda miliki.

  1. Fast Response

Respon yang cepat terhadap pertanyaan maupun komplain menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Apalagi dengan penggunaan sosial media untuk berbisnis.

Meskipun memberikan respon cepat adalah hal penting, Kita tidak boleh melupakan keramahan dalam menjawab setiap pertanyaan yang ditujukan untuk produk Anda. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap loyalitas dari para pelanggan itu sendiri.

  1. Perhatikan Tingkat Visibilitas

Dalam berbisnis, tingkat visibilitas menjadi hal yang utama. Terlebih jika menggunakan sosial media sebagai sarana promosinya. Anda bisa mempromosikan produk dengan diskon atau sekadar berinteraksi bersama dengan audiens di sosial media.

Misalnya saja menanyakan produk yang sedang mereka harapkan.

Mengapa hal tersebut berpengaruh? Karena dengan banyaknya interaksi akan membuat produk yang Anda tawarkan lebih banyak muncul di timeline orang lain. Semakin banyak interaksi yang terjadi entah itu komentar, like, maupun share, kesempatan produk Anda muncul di timeline orang lain menjadi lebih besar.

  1. Sering Melakukan Live

Beberapa sosial media saat ini sudah menyediakan fitur live. Tentu hal tersebut menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk promosi.

Anda bisa melakukan live dengan menampilkan detail produk yang dijual atau sekadar melakukan tanya jawab mengenai pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Tentu menjawab pertanyaaan yang sama berulang ulang tidaklah efektif. Oleh karena itu, melakukan live menjadi salah satu cara yang wajib untuk dicoba.

  1. Paid Partnership

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya endorsement. Cara yang biasa dilakukan untuk mempromosikan barang dengan bantuan orang yang memiliki popularitas.

Cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif agar produk yang dijual dilirik banyak orang.

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, jika menggunakan cara yang satu ini, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam untuk promosi barang tersebut.

Harga yang perlu dibayarkan pun berbeda bergantung pada agensi dan juga jumlah followersnya. Semakin banyak followersnya semakin tinggi pula harga yang harus dibayarkan.

Walau demikian, semua yang dibayarkan akan terbalaskan dengan ledakan order dari para followersnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah dengan penggunaan sosial media sebagai alat promosi, produk Kita akan dengan mudahnya dikenal oleh masyarakat luas? Sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar ya.

Cara Memanfaatkan Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran
Tagged on: